Seni Bandung #1 Melibatkan 2475 Seniman

Bagai gunung berapi yang meletus, begitulah kira-kira gambaran projek besar bernama Seni Bandung #1. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 2475 seniman akan mengalirkan energi kreatif di kota yang berumur 207 tahun ini.

Seni Bandung #1 “A Collaborative Arts Events” akan dibuka pada hari Minggu, 24 September 2017, pukul 16.00 WIB di kawasan Dalemkaum, Bandung. Pembukaan Seni Bandung dilakukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Pembukaan Seni Bandung #1 akan menyajikan Wayang Monolog, pertunjukkan musik, dan longser di area Dalemkaum Kota Bandung. Kawasan heritage ini dipastikan semakin meriah dengan kehadiran para seniman yang berkolaborasi serta berhadapan tanpa batas dengan penonton (warga).

Tak kalah pentingnya yang harus dicatat adalah panitia Seni Bandung akan melakukan akad dengan warga Bandung yang diwaliki oleh Walikota. Proses akad Seni Bandung dijadwalkan pada pukul 19.00 WIB. AkadĀ  Seni Bandung dapat diartikan sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia untuk melaksanakan amanah Seni Bandung yang menggunakan dana APBD sebesar 5 milyar rupiah.

Hal lain yang lebih besar lagi adalah komitmen panitia bersama seniman untuk menciptakan keterhubungan antara medan sosial seni dengan komunitas urban, melalui pendekatan kultural. Inilah misi besar yang akan dilakukan 2475 seniman terhadap kota Bandung.

Secara keseluruhan Seni Bandung #1 yang digelar 25 September – 25 Oktober 2017 terbagi dalam 5 bidang seni yakni Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, Sastra, dan Teater.

Pada pertunjukkan seni tari melibatkan 47 kelompok dengan jumlah 1316 seniman. Seni musik melibatkan 45 kelompok dengan jumlah 120 musisi. Seni Rupa melibatkan 15 kelompok dengan 225 seniman, Sastra melibatkan 25 kelompok dengan 196 seniman, dan teater melibatkan 24 kelompok dengan 618 seniman.

Dua ribu empat ratus tujuh puluh lima seniman akan menyebar di 44 lokasi pertunjukan. Setiap hari selama sebulan penuh mereka akan mempersembahkan karya-karya terbaik mereka untuk Kota Bandung. Energi positif dari seniman-seniman Bandung dan juga beberapa dari luar negeri dalam projek seni ini kiranya dapat menjadi inspirasi sekaligus refleksi agar kota ini lebih egaliter dan manusiawi pada masa depan.

Tentunya peristiwa fenomenal Seni Bandung #1 ini sayang sekali untuk dilewatkan bagi siapa pun. []

MAP

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

One Comment on “Seni Bandung #1 Melibatkan 2475 Seniman”

  1. Acara yang sangat bagus dan menarik. Semoga kemasannyapun demikian dan sajiannya benar benar dapat dinikmati seluruh warga yang ada di Bandung pada khususnya dan seluruh warga Jawa Barat.

    Sekedar usul, Alangkah cantik dan membahagiakan bila di Bandung ada Galeri Seni yang menampung seluruh karya Seniman Bandung, namun jangan karya Seniman itu – itu lagi (yang sudah dikenal maksudnya) yang bisa dikunjungi oleh warga maupun pendatang

    Dimana Galeri tersebut Melibatkan seluruh komponen seniman apalagi dalam acara ini sudah terkumpul lebih dari dua ribu seniman dari berbagai karya dan kreativitas. #Untuk_Bandung_Juara
    #Pasti_Bisa
    #Insya_Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *