Taman Cikapayang Ada Instalasi Seni Aroma Unik

Mulai hari ini, Kamis (05/10/2017) lokasi Taman Cikapayang Dago, Bandung terpasang sebuah instalasi yang menarik. Karya seni Instalasi Ruang Terbuka – Seni Bandung itu merupakan karya Abbyzar Raffi  yang berkolaborasi dengan Iqbal Prabawa Wibawa.

Karya Abbyzar menggunakan udara sebagai medium artistiknya. Laiknya sebuah karya site-specific, Abbyzar mengajak publik untuk berinteraksi dengan karyanya menggunakan indera penciuman. Ingatan seseorang yang berkaitan dengan kota dan seringkali dimunculkan dalam bentuk visual: foto, rekaman video, hingga narasi yang menekankan aspek-aspek visual.

Menurut pandangan kurator di Komite Seni Rupa SENI BANDUNG #1, Bob Edrian, karya Abbyzar Raffi mengolah cara lain dalam membangkitkan ingatan akan sebuah kota, dalam hal ini melalui medium udara, lebih spesifik lagi, aroma. Bandung yang dipenuhi dengan taman-taman kota, disadari ataupun tidak, dihiasi oleh beragam tumbuhan yang menghasilkan aroma-aroma yang khas.

“Melalui karyanya, Abbyzar mengumpulkan beragam aroma tumbuhan di Kota Bandung yang kemudian ia ekstraksi dalam karya instalasi ruang publiknya. Menggunakan istilah Respire yang berarti bernapas, karya Abbyzar Raffi mengundang publik untuk membangkitkan memori mereka dengan cara menghirup kumpulan ‘aroma’ Kota Bandung,” pungkas Bob Edrian, kurator seni rupa SENI BANDUNG#1.

Sementara itu beberapa seniman juga sedang dalam tahap proses penciptaan, antara lain, Stencil Art, Iwan R. Ismael di Jl. Alkateri mulai pukul 10.00-18.00 wib walau kadang sepanjang hari proses kreatifnya. Open Studio, instalasi multi-media olwh kelompok seniman Invalid Urban di Rumah Budaya Cigondewah.

Karya Instalasi Multimedia oleh Riar Rizaldi di Cikapundung River Spot dapat diapresiasi sepanjang hari. Juga proses kreatif warga di Kampung Kreatif Dago Pojok, Komunitas Taboo, Jl. Dago Pojok, mulai pukul 17.00 – 20.00 wib di hari kerja dan pukul 09.00 – 21.00 wib di akhir pekan.

Kegiatan SASTRA juga melibatkan perupa dalam judul kegiatan Mural sastra, bersama Iwan Ismael di kawasan Bbk. Ciamis – Kopo, sepanjang hari. Kemudian Mural “Tajassus” oleh Arman Jamparing di Cikapundung River Spot, sepanjang hari. kemudian kegiatan Gang Puisi oleh Heri Maja Kelana, dkk. si Jalan Sukarajin II, Cikutra, sepanjang hari.[]

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *