Teater Pemberdayaan, Gagasan, dan Perubahan

Kesuksesan pertunjukan teater tidak hanya di tangan seorang sutradara. Tapi juga kepiawaian aktor menterjemahkan gagasan cerita.

Inilah yang terlihat dari proses hingga pementasan teater bertajuk “Menggendong Sandal Hello Kitty” karya Gusjur Mahesa di Teras Cikapundung, Bandung (08/10/2017). Selama 2 bulan lebih, Gusjur berkolaborasi dengan teater karang taruna Mantheos untuk menghasilkan karya terbaik mereka.

Banyak suka duka selama proses itu. Mulai dari jadwal latihan yang harus menyesuaikan jadwal sekolah, pekerjaan rumah, hingga memperkenalkan teater. Diantara mereka ada yang baru pertama kali terlibat dalam teater namun setelah pementasan usai, merasa ketagihan.

Meski Gusjur menasbihkan teaternya sebagai teater pemberdayaan, ia tidak berharap besar terjadi perubahan. Namun Gusjur percaya dari dialog yang diucapkan berulangkali secara perlahan membentuk cara pandang baru bagi anak muda yang berteater. []

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *