Museum Bahari Jakarta Terbakar



Museum Bahari Jakarta, terbakar pada hari Selasa (16/01/2018) sekitar pukul 08.55 WIB. Api melahap sejumlah koleksi berharga di gedung bekas penyimpanan rempah-rempah masa VOC.

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Diresmikan pada tanggal 7 Juli 1977 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Sebelum menjadi museum seperti sekarang, bangunan yang berada di dekat pelabuhan Sunda Kelapa ini, menjadi gudang utama penyimpanan rempah-rempah termasuk gudang penyimpanan timah, tembaga, dan tekstil milik kongsi dagang VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

Pada masa pendudukan Jepang, Museum Bahari menjadi gudang logistik tentara Jepang. Dan setelah Indonesia merdeka sempat digunakan sebagai gudang PLN.

Bangunan yang masih terawat dengan baik ini menyimpan sejumlah koleksi penting peradaban maritim Indonesia. Diantaranya alat navigasi, miniatur kapal, teropong, meriam, juga patung-patung tokoh dari berbagai bangsa pelaut di dunia.

Museum Bahari juga dilengkapi dengan berbagai informasi yang menarik tentang kekayaan alam laut Indonesia. Sehingga pada masa liburan, anak-anak sekolah, menjadikan Museum Bahari menjadi tujuan wisata pendidikan. Bayarnya pun murah, hanya 5 ribu perak saja.

Peristiwa terbakarnya Museum Bahari tentulah sangat disayangkan. Semoga bangunan dan benda-benda bersejarah yang merupakan bagian dari peradaban Indonesia ini, masih dapat diselamatkan. []

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *