Art Gallery Terapung : Menikmati Seni di Tengah Pantai Losari Penulis : Aditya Idris

Sudah dipastikan. Tak akan berkesan jika menginjakkan kaki di Kota Makassar tanpa menikmati keindahan Pantai Losari. Sebuah tempat yang indah dengan sunset terbaik. Dan salah satu daya tarik yang ada di Pantai Losari ini adalah kehadiran sebuah bangunan seni yang belum diketahui oleh banyak wisatawan di sana. Art Gallery.

Sebuah ruangan khusus untuk menyuguhkan hasil-hail karya luar biasa dari seniman Makassar. Art Gallery adalah tempat berkumpulnya penggiat seni rupa yang ada di Makassar. Lokasinya berada di Pantai Losari. Tepatnya diantara Anjungan City of Makassar dan Anjungan Bugis di Pantai Losari.

Mungkin karena baru diubah pada tahun 2014, bangunan ini belum cukup terkenal. Sebelumnya, bangunan ini merupakan musholla dan toilet. Namun sekarang, dipenuhi oleh lukisan-lukisan indah dan telah disulap menjadi sebuah Art Gallery.

Memasuki bangunan yang berada di tengah Pantai Losari ini, kita akan menemukan lima ruangan yang memamerkan lebih dari 50 lukisan yang beraneka ragam. Bahkan saking banyaknya lukisan, di dinding-dinding toilet pun terpampang lukisan yang berwarna-warni menghiasi ruangan. Sangat Kreatif….

Saya sungguh mengagumi coretan-coretan cat di atas kanvas yang terpajang di galeri. Kesederhanaan dan kekayaan warna merupakan kekuatan yang ditawarkan di tempat ini. Walaupun penataan display masih terkesan seadanya, namun memasuki galeri ini ibarat menemukan oase di padang pasir.

Eits! Tidak hanya itu, selain mengapresiasi karya-karya lukis yang dipamerkan di dalam galeri, Anda juga bisa membawa pulang lukisan wajah Anda sebagai cinderamata yang merupakan hasil karya mahasiswa berbakat dari fakultas-fakultas seni di Makassar. Mereka bersedia untuk melukis wajah Anda hanya dalam waktu 25 menit saja. Tapi kalau Anda malu-malu untuk dilukis di tempat, Anda boleh meminta dilukis hanya dengan menunjukan foto saja kok. Menarik bukan?

Tanpa harus menunggu lama, Anda bisa membawa pulang lukisan yang digambar oleh para seniman di tempat. Harga senilai 100.000 rupiah rasanya layak untuk membayar cinderamata yang penuh kesan ini.

Nah, mungkin Anda penasaran ingin tahu bagaimana cara pelukis bisa menghasilkan sebuah karya tersebut. Tenang saja, untuk mengobati rasa penasaran Anda, Art Gallery menyediakan kelas dengan biaya hanya sebesar 35.000 rupiah selama 2 jam. Tidak hanya mendapat ilmu baru, Anda juga bisa membantu eksistensi karya seni karena dana yang diperoleh dari kursus melukis nantinya akan dimanfaatkan untuk perawatan Art Gallery kembali.

Jadi, mulai sekarang jika Anda berjalan-jalan ke Pantai Losari, jangan lupa sempatkan untuk masuk ke bangunan diantara Anjungan City of Makassar dan Anjungan Bugis ini ya….[]

 

* Penulis tinggal di Makassar. Akun media sosial, Instagram: @aditya_latervilla, Fb: Ditya Latervilla

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *