Galeri Seni Gotong Royong Penulis : Salbiah Heremba

Mendengar nama ini pasti banyak yang terbesik dalam hati, terutama para seniman –seniman yang sudah terkenal. Bahwa hasil lukisan atau karya seni yang ada dalam galeri ini adalah ‘Gotong Royong’ .

Hehehe…hanya bisa tersenyum dalam hati jika pemikirannya seperti itu,,,

Dipillihya judul Galeri Seni ini bukan di lihat dari hasil karya seninya, tapi proses sampai adanya Galeri seni terbuka inilah sehingga dipilih tema judul dari tulisan ini.

Makna “Gotong Royong “ yang melekat dalam jiwa bangsa Indonesia tidak hanya mampu menghasilkan lingkungan yang bersih dalam proses kerja bhakti, namun makna gotong royong pun, kini mampu menghadirkan galeri seni yang bisa dinikmati semua kalangan tua, muda, kaya, miskin, remaja, anak – anak serta semua kalangan tanpa terkecuali. Satu orang bekerja yang lain pun tertarik untuk turun bekerja.

“Gotong Royong” atau kerja bersama-sama tanpa ada rasa takut, malu ataupun minder sehingga menghadirkan seniman-seniman berbakat yang tadinya malu untuk unjuk jari-jemari. Kini berani menggoreskan kuas cat berwarna di kanvas tembok tak berwarna tak bermakna.

Kampung Pelangi, julukan terbaru kompleks yang dulu terlihat kumuh, tak menarik dan tak bermakna, kini disulap menjadi kampung dengan berbagai cerita, corak, gambar, lukisan, semboyan, slogan bahkan merek sebuah produk pun digoreskan dalam kanvas tembok polos seindah mungkin, agar dapat memanjakan mata setiap insan yang sengaja berkunjung atau hanya sekedar lewat.

Sekali lagi, makna Gotong Royong mampu menghadirkan galeri seni terbuka yang dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali.

Makna Gotong Royong mampu membangkitkan semangat para seniman muda berbakat untuk berani unjuk jari-jemarinya. Dan makna Gotong Royong pun mampu merubah pola pikir masyarakat untuk sama – sama melakukan kebaikan.

Semoga makna Gotong Royong ini tetap ada di dalam jiwa masyarakat Indonesia dalam hal mengajak dalam kebaikan. []

 

* Penulis lahir di Sorong, 25 Maret 1989, dapat dijumpai di media sosial : fb ( Salbiah Heremb Tu Saya ), instagram (salsa heremb), Twitter (salbia discipulus)

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *