Lorong Keindahan Seni ARTJOG Penulis : Laga Yant Alfaribi

Sore yang tenang mulai menghilang menjadi malam, matahari segera akan bergulir kembali ketampat tidurnya. Saat itu aku dan bersama temen-temenku merencanakan untuk menghadiri pembukaan pameran kesenian di Yogyakarta, yang cukup terkenal yaitu ARTJOG ( Art Jogja) atau seni jogja.

Malam mulai datang akupun besama dua  temenku mulai bersiap-siap untuk pergi ke ART JOG. Dibenaku tak mengerti apa itu ARTJOG. Akupun mengikuti teman untuk hadir menyaksikan pembukaan ART JOG yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Setelah shalat isya kami berangkat menggunakan sepeda motor. Sesampainya disana ternyata sudah rame manusia untuk menghadiri pembukaan ART JOG, saat acara mulai berlangsung aku di buat bengong oleh penampila-penampilan yang memukau. Yang paling unik bagiku saat penampilan busana dan tatanan rambut modelnya yang tak lazim itu membuat mata semua penonton terpukau. Tak sampai di situ saja ternyata penonton yang hadir saat itu boleh masuk ke dalam melihat pameran gratis.

Tak ayal membuat lautan manusia berdesakan untuk masuk kedalam.sehingga banyak berdesakan menyebabkan sesak napas. Ini merupakan pengalaman pertama datang untuk menonton ART JOG.

Banyak pameran yang dipajang mulai dari lukisan, kerajinan, sampai alat-alat unik. Yang membuat saya terkesima ternyata banyak hasil seni disini yang mengankat permasalahan sosial mulai dari kelaparan, kemiskinan dan kekeringan. Ada hasil seni yang membuat aku terkesima.

Karya itu menggambarkan manusia berbondong-bondong dengan berlari, jalan, dan merangkat untuk menuju suatu sumber air yang hanya keluar satu tetes . Inilah yang membuat saya terkesima. Begitu indah seni ketika menggambarkan permasalahan sosial untuk mendatangkan perubahan yang lebih baik.

Memang lukisan itu menggambarkan sebuah realita yang ada di indonesia. Dimana banyak masyarakat yang susah mendapatkan air bersih layak konsumsi. Padahal mereka tinggal di dataran tinggi nan rindang. Tapi mereka tidak bisa menikamati air bersih. Inilah ironisnya Indonesia, dimana banyak perusahan mengekploitasi mencari keuntunga. Tak terasa sudah hampir 2 jam aku berkeliling ke setiap Sudut ART JOG. Memang seni itu indah untuk dinikmati dengan ketenangan hati.banyak pelajaran yang aku dapati. Dari semenjak itulah saya mulai senang dengan hal yang berbau seni dan estetika.

Begitu banyak seniman diIndonesia dan khusunya di Jogja sebagai kota seniman. Memang dalam berseni mengajak kita untuk bisa menikmati hasil seni, maupun pembuatanya. Dan untuk mengerti maksud dan tujuan dari hasil seni mengajak kita untuk berfikir jika ingin tahu maksudnya. Inilah seni yang memiliki keunikan tanpa batas. Manusia dilahirkan untuk berfikir dan menikmati keindahan dari Illahi.

Inilah salah satu ajang untuk berseni yaitu Art Jog. sekarang seni sudah tidak jadi barang asing justru manusia harus bisa berseni untuk menikmati hidupnya. Semenjak dari Art JOG itulah saya mulai senang dengan dunia Seni. Seni itu indah, menafsirkan realitas sosial, menjujung tinggi nilai sosial.

Maka tak heran jika manusia harus berseni karena sebuah karunia dari sang illahi. Perlu banyak penampung hasil-hasil seni untuk bisa dinikmati masyarkat luas. Karena masyarakat zaman nou lebih suka datang ketempat yang sudah memiliki banyak koleksi seni dan bisa diabadikan dikarena atau bisa buat selfi hehe. Hidup itu indah seperti lorong seni. Hasil seni tak akan pernah mati dan mengkhianati. Panjang umur para pejuang seni Indonesia. []

* Penulis dapat dijumpai di IG :  lagayant | FB : laga yant alfaribi

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *