Menjelajahi Galeri Seni di Kota Jogja dan Surabaya Penulis : Nurbaya Pulhehe

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman seni dan budayanya.Kreasi seni mulai dari Sabang sampai Merauke adalah maha karya semesta yang tak tertandingi. Sebagai pewaris seni kebudayaan, patutlah para generasi menjaga serta melestarikan aset bangsa ini.

Lukisan di Balai Pemuda Surabaya

Salah satu cara untuk lebih dekat mengenali budaya indonesia adalah dengan berkunjung ke galeri seni atau Art Galery,yang tersebar di masing-masing daerah asal.

Untuk menambah khasanah pengetahuan budaya lebih meluas,bolehlah berkunjung ke galeri seni dari berbagai kota. Tentunya akan ada berbagai macam koleksi, yang dapat memanjakan mata dan memperdalam pengetahuan seni budaya kita. Dalam galeri seni,biasanya ada berbagai koleksi tersendiri,bisa berupa barang-barang peninggalan sejarah, karya seni lukis dari para seniman daerah, dan miniatur-miniatur khas daerah masing-masing.

Jogja dan Surabaya adalah pilihan kota penulis menjelajahi galeri seni. Sebelumnya penulis pernah berkesempatan mengunjungi galeri seni di kota Makassar,yang letaknya di Pantai Losari,destinasi wisata ikoniknya orang Makassar dan juga di kota Riau, namun sayang sekali beberapa koleksi foto di lokasi tersebut,terhapus sehingga sulit mendokumentasikan karya seni dari kedua daerah tersebut.

Ketepas, Jogja

Langsung saja pada pengalaman penulis selama berkunjung di galeri seni kota Jogja dan Surabaya. Tentunya ini menjadi pengalaman paling berharga. Pada gambar no. 1  penulis berkesempatan melihat koleksi lukisan yang dipajang di Balai Pemuda Surabaya.

Dari sekian banyak koleksi seni lukis yang dipajang. Sebuah lukisan sederhana yang mengekspresikan seorang anak yang menutupi wajah dengan kedua tangannya, adalah salah satu lukisan yang paling banyak menarik perhatian pengunjung. Sebuah karya yang sangat mengagumkan bukan?

Ilustrasi gambar ini,seakan mewakili suara kebebasan anak Indonesia tanpa kekerasan. Mungkin juga sebuah ilusi perlindungan diri terhadap lingkungan sekitar mereka yang kian meresahkan dengan tingkat kekerasan yang terjadi.

Pada gambar no. 2 diambil ketika penulis berkunjung ke Ketepas,Jogja. Lokasi yang menjadi destinasi wisata Gunung Merapi. Begitu menakjubkan, melihat beberapa koleksi yang memajang aktivitas Merapi pertama kali hingga erupsi terakhir yang telah menelan banyak korban. Bukan hanya itu saja, ada beberapa koleksi foto pengetahuan umum tentang struktur merapi. Suasana di dalam galeripun dibuat dengan nuansa gunung merapi, seakan meratapi bayang-bayang ganasnya erupsi merapi saat itu, begitu terasa sekali di dalam ruangan ini.

Sedangkan pada gambar no. 3, diambil ketika penulis juga berada di Jogja, lebih tepatnya di candi Borobudur di Magelang, Jawa tengah . Salah satu galeri yang tak jauh dari kawasan candi. Saat berkunjung ke lokasi galeri, ternyata peminat galeri sangat sedikit.

Sangat disayangkan, padahal di dalam tempat ini ada berbagai macam koleksi yang dipajang, seperti miniatur kapal Borobudur dan bahan-bahan perdagangan global,masih tersimpan rapi disini. Walau ada sebagian koleksi yang rusak,entah karena dirusaki pengunjung atau karena kurangnya perawatan.

Nah, itulah beberapa pengalaman menarik penulis ketika bertandang di kedua kota tersebut. Berkunjung ke galeri seni adalah hal menarik bagi penikmat seni, karena mampu menjadi wisata ilmu yang mengedukasi dan tentunya menambah pengetahuan,tentang memahami kekayaan seni budaya daerah dan nusantara.

Selain itu, mampu menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap maha karya anak bangsa sebagai pewaris budaya para leluhur yang menginspirasi kehidupan kebudayaan Indonesia. []

 

* Penulis tinggal di Kediri, Jawa Timur, dapat dijumpai di media sosial Facebook: Bay Pulhehe | Instagram: Pulhehenurbaya09

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *