Pesona Rumah Adat Aceh Penulis : Ridha Rosmarna Dewi 

Berbicara tentang galeri seni di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia di anugerahkan bermacam ragam suku dan budaya sehingga lahirlah seni yang bermacam ragam pula. Di era globalisasi tentunnya sangat penting bagi generasi muda untuk terus menjaga pusaka negeri agar tidak luput dari ingatan dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap negeri kita sendiri.

Rumoh Aceh

Pada kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tentang  pengalaman pribadi saya saat pertama sekali mengunjugi salah satu galeri seni yang ada di daerah saya, Aceh.

Rumah Adat Aceh atau dalam bahasa Aceh disebut dengan “Rumoh Aceh” berada di provinsi Aceh. Rumah adat Aceh merupakan rumah panggung berkontruksi  kayu berwarna hitam, berdiri kokoh dengan tiang-tiang yang saling menopang satu dengan yang lainnya. Yang paling uniknya, rumah Aceh ini dilengkapi dengan ukiran yang khas.

Dari ukiran inilah tampak jelas bahwa masyarakat Aceh mempunyai nilai seni yang cukup tinggi. Kononnya, keseluruhan struktur rumah seperti, tiang, lantai, dinding, bahkan tangga memiliki makna dan fungsi tersendiri loh bagi masyarakat Aceh.

Kroeng Pade

Selain mempunyai tampilan rumah yang unik, ciri khas lainnya yaitu rumah adat Aceh memiliki “kroeng pade” atau tempat penyimpanan padi dan “jeungki” atau alat penumbuk padi. Nah, padi yang telah dipanen inilah kemudian disimpan di “kroeng pade”.

Wah ternyata dari dulu hingga sekarang masyarakat Aceh sudah gemar bertani ya! Tak heran juga jika keseluruhan struktur rumah Aceh sangat dekat dengan alam.

Lonceng Cakradonya

Setelah menyulusuri keseluruhan rumah Aceh, ada satu benda yang tidak bisa luput dari pandangan saya, yaitu lonceng raksasa.

Lonceng raksasa ini disebut dengan “Lonceng Cakradonya” yang bertengger kokoh di depan rumah adat Aceh.

Lonceng Cakradonya diberikan oleh kerajaan China melalui Laksamana Cheng Ho kepada Sultan Samudera Pasai sebagai simbol persahabatan Aceh dan Tiongkok. Karena memiliki sejarah yang masih sangat terjaga maka tak heran jika rumah adat Aceh sampai saat ini masih banyak dikunjungi oleh turis, wisatawan, bahkan masyarakat Aceh sendiri.

Nah! Bagi yang ingin melihat langsung keunikan dan keindahan rumah adat Aceh jangan lupa visit Aceh ya. Selain masih kental dengan adat istiadatnya, Aceh juga terkenal dengan keindahan alamnya loh!

Seperti keindahan laut dan pantainya, dijamin tidak bakalan nyesal liburan ke Aceh. Bagi traveler ditunggu kedatangannya ya!

Salam ramah dari masyarakat Aceh. []

 

* Penulis kelahiran Aceh, 23 Maret 1994 ini dapat dijumpai di media sosial Instagram: @ridharosmarnadewi

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *