Gusbi, Tujuan Baru di Borobudur Penulis : Sumi Ratnasari

Saat ini, pesona Indonesia telah dipromosikan secara maksimal. Dunia pariwisata lebih mudah dijamah dengan adanya kemajuan teknologi. Destinasi favorit wisatawan biasanya berupa tempat bersejarah, lingkungan alam, lingkungan buatan seperti tempat bermain, serta kuliner.

Sayangnya, para wisatawan kurang berjelajah lebih jauh. Sebab masih ada satu destinasi wisata yang belum akrab ditelinga mereka. Destinasi tersebut ialah galeri seni.

Seperti halnya pelangi yang pandai berkreasi, galeri seni juga identik dengan kreatifitas dan imajinasi. Ketika stok foto kita menipis, kita bisa berkunjung ke galeri seni. Karena disini kita bisa mengobati dahaga jiwa kita atas tuntutan update di sosial media. Galeri seni memiliki banyak spot menarik yang bisa kita gunakan untuk selfie. Selain itu, disini kita juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang sebuah kesenian.

GUSBI adalah salah satu galeri seni di nusantara. GUSBI merupakan kependekan dari galeri unik seni Borobudur Indonesia.

Sesuai dengan namanya, GUSBI berada diarea kompleks Candi Borobudur tepatnya disebelah belakang bangunan candi. Keberadaan GUSBI menghiasi kemegahan Candi Borobudur. Mungkin seperti bintang yang menghiasi rembulan.

Bangunan GUSBI terdiri dari 2 lantai. Di lantai dasar, pengunjung disuguhkan dengan kreasi topeng, patung Budha emas kecil, dan beragam alat yang digunakan pada zaman dahulu misalnya saja mesin jahit kuno, mesin tik kuno, sepeda ontel, jam weker kuno, dll.

Di lantai atas, pengunjung bisa melihat  beragam karya seni unik. Ada lukisan dari sabun mandi, kemeja batik terbesar, jas terberat, dll. Disini juga terdapat audio visual film dokumentasi erupsi gunung merapi tahun 2010. Selain itu, kita juga bisa berfoto dengan manusia kerdil bernama mas Udin dengan tinggi 65cm.

Tidak ada salahnya memasukkan galeri seni dalam list tujuan baru berwisata, karena dunia ini  tidak hanya berupa kreasi Sang Khaliq saja. Namun, kreasi seni manusia juga wajib dicinta.[]

 

* Penulis adalah guru les yang menyukai travelling dan menulis, tingggal di Temanggung. Dapat dijumpai di media sosial Facebook: Sumi Ratnasari | Instagram: Sumi Ratnasari

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *