Dua Jam Dalam Galeri Seni Penulis : Rismayanti

Galeri seni merupakan tempat yang mempunyai arti tersendiri bagi setiap orang yang mempunyai jiwa dalam seni. Bisa jadi seni menjadi tempatnya dalam menuangkan segala hobi, perasaan, ataupun pekerjaan yang sesuai dengan passion seseorang dalam seni.

Saya sendiri bukan termasuk seorang yang mengerti tentang seni, hanya bisa melihat tanpa tahu apa arti dari seni yang saya lihat tersebut.

Pengalaman saya dalam menjelajah galeri seni belum lama saya lakukan dengan mengunjungi galeri seni yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Sebenarnya saya sudah tahu tempat tersebut sejak lama, namun baru terpikir untuk pergi ke sana akhir tahun 2017 kemarin.

Dia.Lo.Gue, itu adalah nama galeri seni yang saya kunjungi. Sempat mencari digoogle bagaimana suasana disana karena sebelumnya belum pernah ke sana. Biasanya hanya melihat di instagram dengan postingan orang-orang yang menikmati tangga yang bisa dibilang hits di galeri tersebut.

Saat sampai dictempat tersebut, kesan pertama lihat tempatnya dari luar memang terlihat kecil dan karena saya tidak mengerti tentang seni, menurut saya dari keluar terlihat sepi dan hanya ada pintu yang bernuansa minimalis serta banyak pepohonan rindang di depan tempat tersebut.

Ketika baru sampai terlihat sepi dari luar. Kebetulan saya kesana berdua dengan teman. Akhirnya saya dan teman saya pun memutuskan untuk masuk ke dalam.

Pintunya ada di bagian samping dan saya kira pintu tersebut dikunci ternyata tidak. Mungkin bagi orang yang mengerti seni sudah menganggap bahwa dari bagian luar sudah memiliki arti, namun bagi saya itu hanya bangunan biasa saja.

Saya masuk kedalam dan kesan pertama saya lihat bagian dalam depan itu banyak pajangan foto-foto yang digantung dan ada juga yang di dinding. Tempatnya ternyata unik dan barang-barang tersebut ada beberapa souvenir yang bisa dibeli. Setelah melihat-lihat bagian depan dalam, saya langsung menelusuri lagi bagian dalam lainnya.

Karena pada saat itu sedang ada pameran jadi tempatnya lumayan ramai. Saya juga kurang mengerti itu pameran apa jadi saya tidak terlalu memperdulikannya. Ketika di dalam ternyata saya menemukan kafe kecil didalam tempat tersebut.

Kafenya ramai jadi saya putuskan untuk tidak menikmati hidangan dikafe tersebut. Yang saya lihat lebih banyak turis yang sedang makan di kafe tersebut.

Saya melanjutkan untuk melihat-lihat pajangan yang ada didalam galeri tersebut. Di dalam juga banyak spot untuk foto yang bagus dan cocok banget buat anak muda yang mau mengabadikan momentnya di tempat itu.

Setelah foto-foto, saya melihat bagian luar yang mempunyai kesan minimalis dengan kaca-kaca serta kolam dan suasana yang adem menurut saya. Saya juga melihat tangga yang biasa orang-orang foto. Karena ramai, untuk foto di tangga itupun harus menunggu terlebih dahulu. Setelah itu saya pun masih bolak-nalik melihat-lihat isi yang ada didalam galeri tersebut.

Tempatnya tidak terlalu luas namun cocok untuk anak muda yang menyukai seni untuk mampir ke galeri seni tersebut. tidak terasa dua jam saya menghabiskan waktu di tempat itu, banyak kesan dan pesan yang bisa diambil dari pengalaman saya ketempat ini.

Mungkin bagi orang yang tidak mengerti seni seperti saya itu cukup membosankan, karena tidak tahu ingin melakukan apalagi setelah menjelajahi tempat ini. Namun kesannya saya senang bisa mengetahui galeri seni yang satu, dan cocok banget untuk remaja yang suka fotografi dan menyukai seni untuk datang ketempat ini. []

 

* Penulis adalah mahasiswa kelahiran Bogor, 06 Mei 1998, dapat dijumpai di media sosial: Instagram @risma0605

 

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *