Karja Art Space Sebagai Salah Satu Strategi Penciptaan Medan Seni Rupa Bali Penulis : Vita Wulansari

Melihat kendala tentang minimnya ruang untuk perupa muda, muncul kesadaran beberapa agen untuk memfasilitasi perupa muda dengan menghadirkan galeri-galeri pada tempat-tempat tertentu.

Ruang Display Karja Art Space

Hal tersebut pasti berkaitan dengan kepentingan agen dalam menghadirkan galeri yang secara kasat dapat dilihat sebagai ideologi pasar dengan menggunakan perupa muda sebagai alat komoditinya. Salah satu galeri yang relatif baru dan sudah beberapa kali membantu perupa muda dalam presentasi karyanya adalah Karja Art Space.

Lokasi Karja Art Space berada di Jalan Pacekan 18 Br. Panestanan Kaja – Ubud.

Secara tidak langsung, pemilik Karja Art Space merupakan seorang pengajar. Dengan itu Karja Art Space didedikasikan kepada para perupa muda untuk menunjukan diri, ekspresi mereka dalam sebuah wadah yaitu Karja Art Space.

Sistem kepegawaian Karja Art Space, pegawai Karja Art Space menjadi satu sama dengan pegawai penginapan, karena agenda pameran setahun masih beberapa kali saja. Struktur manajemen Karja Art Space dan penginapan Karja menjadi satu.

Pembagian Job manajemen pada Karja Art Space ialah sistem kekeluargaan. Sistem pemasaran dan sasaran pasar pada Karja Art Spae, promosi menggunakan iklan di media seni seperti menaruh iklan pada website relasi Bali Art, Ubud Life, dan Bali Advertiser.

Untuk promosi seniman Karja Art Space belum sampai pada tahap tersebut, belum ada keterikatan (kontrak) antara Karja Art Space dengan seniman. Karja Art Space sebagian besar mengandalkan customer mancanegara yang berlalu lalang di sekitar galeri dan penginapan.

Wawancara Bersama Putu Sridiniari, Selaku Manager Karja Art Space

Karja Art Space juga menggunakan sosial media sebagai wadah promosi, diantaranya Facebook, Instagram, dan website pribadi. Untuk penjualan, export adalah yang paling sering baik karya pak Karja sendiri maupun seniman muda melalui pameran di Karja Art Space.

Pencapaian dari Karja Art Space selama ini ialah dapat membantu perupa muda menyediakan ruang adalah suatu pencapaian yang dirasa cukup untuk saat ini dan selalu mengadakan acara sharing dan workshop.

Ciri khas Karja Art Space dengan yang lain yaitu, perbedaanya yang terletak pada wilayahnya yang notabene agak terpencil, namun atmosphere keseniannya tetap terjaga. Itu dibuktikan dari banyaknya apresian yang hadir pada saat pameran dan juga membawa visi misi seniman dan pengajar yang membawa pesan edukasi serta keinginan tetap survive pada seni rupa.

Keberlanjutan Karja Art Space untuk kedepannya ialah dapat mengikuti Art Fair dan tetap sederhana, agar perupa muda tidak terbatasi ruang dalam penyajian karya dan Karja Art Space dapat menyajikan ruang. Dengan adanya ruang ini, berharap juga dapat membangkitkan medan seni rupa Bali, sehingga kedepannya mampu dikondisikan sama dengan wilayah lainnya seperti Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta.

Kesan dan Kritik Terhadap Karja Art Space
Adapun yang menjadi kesan saat observasi yaitu pandangan yang positif akan niat dari pemilik gallery untuk menjadikan Karja Art Space sebagai ruang alternatif bagi perupa muda untuk membuktikan dirinya di kancah seni rupa dan juga menerima seluruh jenis kekaryaan yang bersifat non visual, baik itu berupa gerak maupun suara.

Adapun kritik yang muncul pasca observasi di Karja Art Space adalah Event yang diadakan setiap tahunnya terlalu sedikit. []

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *