Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Penulis : Hafidzah Sholihah

Museum Lambung Mangkurat adalah salah satu dari 2 Museum yang ada di Kalimantan Selatan, museum ini berada di jantung kota Banjarbaru. Ini adalah kunjungan saya yang kedua kalinya setelah 5 tahun tidak bekunjung.

Orang Banjar memasak menggunakan peralatan tradisional dapur ( tungku ) dengan bahan bakar kayu.

Banyak perubahan yang terjadi  disini. Di area museum dibagi beberapa jenis yaitu ada galeri lukisan,  museum sejarah, dan yang tidak sempat saya masuki adalah ruang kain. Museum Lambung Mangkurat bagian sejarah berbentuk rumah banjar.

Di dalamnya ada beberapa sekat, sekat untuk foto Banjarmasin tempo dulu, kearifan lokal Kalimantan Selatan, peta  penyebaran agama Islam di Kalimantan Selatan, Kerajaan Banjar, bahkan fosil ikan paus yang konon katanya pernah menyelamatkan salah satu Pangeran Banjar juga ada di museum Lambung Mangkurat.

Tidak lupa silsilah Raja Banjar hingga denah perpindahan Kerajaan Banjar dari abad ke abad. Senjata rakyat Banjar waktu melawan Belanda, hingga senjata Belanda sendiri juga ada. Yang paling menarik perhatian saya adalah, ketika saya berada di ruangan Syekh M.Arsyad Al-Banjari. Yaitu sebuah ruangan yang khusus memberikan informasi tentang Ulama tersohor dari Kalimantan Selatan dan juga kitab karangan beliau serta Al-Quran raksasa tulisan tangan beliau.

Di ruangan galeri lukisan , semua lukisan disana adalah karya pelukis Gusti Sholihin. Seorang pelukis kenamaan berasal dari Kalimantan Selatan.

Banyak sekali jenis Rumah Banjar, masing-masing memiliki karakteristik. Ada Rumah Banjar Joglo yaitu rumah khas Banjar yang berisi keluarga pedagang China. Rumah Banjar Palimasan untuk tempat tinggal Ulama, dan yang paling istimewa adalah rumah Banjar Bubungan Tinggi, yaitu rumah banjar yang digunakan untuk tempat tinggal keluarga Kerajaan Banjar. []

 

* Penulis kelahiran Banjarmasin 01 Oktober 1996 berstatus Mahasiswa Seni di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Banjarmasin. Dapat dijumpai di media sosial facebook: Hafidzah.s | instagram: @kabi_bitak

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *