Pertanyaan-pertanyaan Ketika Melihat Lukisan Penulis : Nuraisah Maulida Adnani

Aku bukan orang yang paham tentang seni. Yang kutahu hanyalah keunikan ragam bentuknya yang nikmat untuk dipandang dan diamati. Bahkan berjalannya proses untuk menghasilkan seni juga termasuk dalam kategori seni.

Aku ke sini atas rekomendasi guru seni di sekolah. Saat pelajaran dengan semangat ia menceritakan pengalamannya dalam mendalami seni. Sama halnya dengan ilmu akademik, ternyata ilmu non akademik sama susahnya.

“Indah” itulah kata pertama yang kubatin pada saat mengunjungi sebuah galeri lukisan di kotaku, Tulungagung.

Untuk pertama kalinya aku ke sini. Tempatnya kecil, hanya tersedia satu ruangan yang berhias lukisan-lukisan seniman ternama dari kota Blitar hingga Kediri. Kain batik pun juga sempat dipajang dengan berbagai alat-alat pembuatan, mungkin ini salah satu cara agar kita tak lupa dengan seni budaya kita sendiri.

Beberapa lukisan ada yang menyindir politik-ekonomi pemerintah, lainnya berpemandangan alam. Ada pula perahu berukuran 2 meter yang terukir indah diletakkan di tengah ruangan.

Satu persatu lukisan kuamati. “Menggunakan cat apa?” “Memakai teknik apa?” “Bertemakan apa?” “Dilukis oleh siapa?” seolah pertanyaan-pertannyaan sudah terjawabkan pada secarik kertas kecil yang berada di dekat lukisan.

Di situ terdapat biodata pelukis, tempat media lukisan, dan lain-lain.

Tak lupa aku juga sempat berfoto dengan lukisan-lukisan keren yang berada di sekitar, pose-pose kekinian ku gerakkan. Yah, kadang malu juga sih dilihat banyak orang. Setelah puas melihat dan menikmati, aku bergegas pulang.

Ada beberapa hal yang kusayangkan. Galeri ini tak buka setiap hari, hanya selama 2 minggu. Untuk tahun depan? Aku tak tahu. Kesan yang kudapatkan di galeri seni ada banyak. Tah walau belum bisa bertemu dengan sang pelukis, namun lukisan mereka seolah telah mewakili dirinya, perasaannya, dan pewibawaannya.

Di kotaku, pelukis yang terkenal sedikit. Kalah jauh dengan Jogja tentunya. Namun aku tahu pasti, di dunia ini banyak yang berusaha keras menjadi pelukis. []

 

* Penulis dapat dijumpai di media sosial instagram: @nuraisah_ | Facebook: Nuraisah Maulida Adnani

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *