Intervention Pameran Tunggal Shiro Masuyama

Pameran Tunggal Shiro Masuyama

“Intervention”
.
15 – 21 Februari 2018
Ruang MES 56
Jalan Mangkuyudan No. 53A (Belakang Spa & Shiatsu)
Yogyakarta 55143
.
Pembukaan Pameran:
Kamis, 15 Februari 2018
19.00 WIB
.
Bincang Seniman:
Senin, 19 Februari 2018
16.00 WIB
.
Selama masa residensinya di Yogyakarta Shiro Masuyama mencari cara yang paling tepat untuk melibatkan komunitas MES 56 ke dalam karyanya dan juga bagaimana merespon lingkungan sekitaran Ruang MES 56. Sembari menghabiskan waktunya dengan para anggota MES 56, Ia menemukan bahwa mereka terdiri dari beragam pribadi dan identitas. Dalam merespon temuannya ini, Shiro membuat 22 kaos, di mana dalam setiap kaos terdapat tulisan atau kata yang merepresentasikan masing-masing anggota MES 56. Ia kemudian mengatur sebuah sesi foto bersama di dalam studio foto yang berlokasi di kampus ISI, kampus yang merupakan almamater dari mayoritas anggota MES 56.
.
Shiro juga menemukan beberapa masalah kecil di rumah MES 56, diantaranya ribut-ribut suara orang mabuk di pagi buta; mati listik; tidak ada wastafel di kamar mandi; banyak kecoak; bocor; dll. Meskipun demikian, masalah-masalah kecil tersebut malah memotivasi dan menjadi subjek yang Ia respon secara positif sebagai seniman. Ia kemudian membuat beberapa intervensi site-specific yang merespon lingkungan sekitar. Beberapa proyek ini dapat terealisasi berkat kolaborasinya dengan Fajar Riyanto, salah satu anggota MES 56 yang telah membantunya sepanjang masa residensi.

Shiro Masuyama adalah seniman konseptual kelaihiran Tokyo, Jepang, 1971. Sejak 2002, Shiro bekerja secara nomaden di beberapa residensi dan berpameran di berbagai tempat di dunia. Saat ini Ia berkeliling di negara-negara Asia Tenggara selama 6 bulan untuk melakukan proyek seni.
.
Program residensi ini didukung oleh Asia Center – Japan Foundation dan Lastrek Indonesia
.
Kontak:
Ama Bahas, 0853-4006-4439

About Argus FS

Artspace Indonesia Curator, art observer, pipesmoker from Bandung, Indonesia | Instagram: @argus_fs

View all posts by Argus FS →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *