Karya-Usia: 86 tahun A.D. Pirous Museum Galeri Serambi Pirous

 

Serambi Pirous Galeri merupakan galeri dan studio pribadi A.D. Pirous beserta istrinya, Erna Pirous, yang diresmikan untuk umum pada tanggal 26 Oktober 2017 silam. Ruang pajang yang dibangun di halaman belakang kediaman A.D. Pirous beserta Erna Pirous di Jalan Bukit Pakar Timur II No.111, Bandung ini dibangun oleh A.D. Pirous sendiri sebagai wujud dedikasi beliau terhadap seni rupa Indonesia pada usianya yang tidak lagi muda.

 

 

Serambi Pirous mengusung konsep private museum, pecinta seni maupun kaum terpelajar seni rupa dapat belajar dan mengamati pencapaian-pencapaian dua seniman Bandung ini dalam sejarah seni rupa Indonesia melalui kegiatan pameran, diskusi dan workshop seni.

 

 

Pameran bertajuk “Karya-Usia: 86 tahun A.D. Pirous” yang dibuka secara tertutup (by invitation only) bersamaan dengan perayaan ulang tahun A.D. Pirous yang ke-86 tahun, pada tanggal 11 Maret 2018. Pameran ini menyajikan puluhan koleksi karya seni lukis dan grafis dengan tema keseharian dan eksperimen bentuk dalam periode tahun 1956 – 1986. Pameran ini juga dapat dijadikan sarana belajar bagi publik terhadap sejarah pencapaian seorang maestro seni rupa Indonesia dan upaya mengenal karya-karya A.D. Pirous lebih dekat.

 

 

Pameran “Karya-Usia” dapat diapresiasi oleh masyarakat umum mulai tanggal 13 Maret hingga 22 April 2018. Belasan koleksi karya seni lukis dan belasan karya seni grafis periode 1956 – 1986. Periode awal karya-karya A.D. Pirous sebelum menjadi maestro seni rupa Indonesia.

 

 

Sunaryo, sahabat dan kerabat dekat A.D. Pirous dalam sambutan di acara pembukaan pameran mengatakan bahwa tema “Karya-Usia” merupakan pameran penting di mana A.D. Pirous menunjukkan energi dan kreatifitasnya sebagai seniman Bandung. Identitas karya-karyanya juga dapat dilihat pada puluhan karya yang dipajang dalam pameran ini.

 

“Saya ingin menikmati masa hidup saya dengan tenang bersama istri saya. Usia saya sekarang ini sudah masuk ke masa bonus. Sengaja saya membangun Serambi Pirous di halaman belakang ruamh ini untuk anak dan cucu kami. Saya ingin Serambi Pirous ini bermanfaat untuk keluarga saya, khususnya, dan masyarakat luas untuk belajar sejarah seni rupa Indonesia. Saya sedang membongkar arsip dan karya-karya koleksi untuk dipamerkan di ruang ini,” kata A.D. Pirous di Serambi Pirous.

 

 

About Argus FS

Artspace Indonesia Curator, art observer, pipesmoker from Bandung, Indonesia | Instagram: @argus_fs

View all posts by Argus FS →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *