Kertas sebagai Subjek Kajian Kontemporer Bekraf Creative Labs: Sinergi Seni Rupa #2

Kertas merupakan salah satu medium dalam praktik seni rupa dari era modern hingga era kontemporer saat ini. Beragam teknik kekaryaan memperlakukan kertas secara khusus karena kertas menjadi media bahasa artistik yang diproduksi oleh seniman maupun pekerja kreatif di seluruh dunia hingga saat ini. Namun kertas sebagai medium masih meninggalkan persoalan bagi pecinta seni di Indonesia, karena humiditas daerah tropis memposisikan medium kertas sebagai media yang riskan atau ringkih, misalnya mudah rusak karena kelembapan, terkena air, hingga berjamur.

Kertas dalam praktik seni rupa dan kerja-kerja produksi kreatif saat ini justru menawarkan peluang atau bahkan persoalan yang klasik dalam perkara memelihara karya dengan media ini. Pembahasan medium kertas ini akan dibincangkan oleh para ahli dari kalangan seniman, akademisi hingga orang-orang yang kompeten memberikan solusi terhadap persoalan ini di dalam Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh KK Estetika dan Bekraf Creative Labs di kampus ITB akhir bulan ini.

proses produksi karya kontemporer dengan material kertas oleh Hendrian Irfan, seniman muda Bandung yang melintang di perhelatan seni rupa Asia Pasifik.

Jelang Seminar Internasional bertajuk “On Cultural Management, Concervation, Research and Innovation” di Aula Barat, kampus Institute Teknologi Bandung, pada tanggal 27 Agustus 2018 mendatang itu publik dapat mengajukan proposal kertas kerja terkait dengan (1) Cultural Management, (2) Art and Medium, (3) Arts and Heritage dan (4) Arts, Innovation and Technology. Empat tema itu kiranya dapat memberikan solusi alternatif terkait persoalan kertas dalam praktik seni dan praktik mengoleksi.

Para ahli yang akan bicara dalam Seminar Internasional tersebut antara lain; Setiawan Sabana (pembicara kunci), Badrolhisham Mo. Tahir dari Malaysia, Lisa Miles dari Amerika Serikat dan Michaela Anselmini dari Italia. Anda berminat, sila hubungi narahubung seminar, Almira di nomor seluler +62 8782 5559 991 dan alamat surel kkestetika(at)gmail(dot)com atau saudara Willy di nomor seluler +62 8132 2091 008 atau ke alamat surel bclsenirupa(at)gmail(dot)com []

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *