Art Fair Hibrid “ART_UNLTD:XYZ” 2018 Akan Digelar di Gedung PGN, Jalan Braga Bandung

 

Bandung, sebagai salah satu pusat perkembangan seni rupa kontemporer di kawasan Asia Tenggara, digadang-gadang belum memiliki kegiatan pameran besar yang diselenggarakan secara rutin seperti ARTJOG di Yogyakarta atau ART JAKARTA di DKI Jakarta. Apakah medan seni rupa Bandung belum cukup melahirkan sebuah organisasi yang mengelola kegiatan rutin untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan paling mutakhir dari karya seniman-seniman Bandung? Kiranya penyelenggaraan Art_Unltd: XYZ 2018 dapat menjadi embrio baru untuk perhelatan seni rupa besar yang bertujuan pada pasar di Bandung. Mari kita simak apa itu Art_Unltd: XYZ 2018.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Art Sociates akan menyelenggarakan program seni rupa dengan tajuk Art_Unltd: XYZ di Gedung PGN, JalanBraga No. 40, kota Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 15 – 20 Desember 2018. Pada dasarnya progam ini akan mencampurkan beberapa kegiatan dalam satu venue, yaitu pameran, art fair, dan craft fair — yang juga disertai demo, workshop, dan bincang-bincang.

Ada beberapa hal yang melatari kegiatan ini. Pertama, minimnya kegiatan seni rupa yang cukup besar di kota Bandung, baik yang bersifat festive, wacana, maupun pasar. Kondisi itu menyebabkan rendahnya apresiasi dan pemahaman publik umum terhadap dunia seni rupa. Di sisi lain, batasan lingkup seni rupa juga semakin luas, dan beragam. Oleh karenanya saat ini tidak mudah menetapkan batasan seni rupa yang definitif. Hal tersebut menjadi alasan kedua mengapa perlu menampilkan beragam kategori seni rupa. Menyatukan kegiatan yang bersifat wacana, festive, dan pasar, merupakan cara pragmatis untuk mengenalkan keragaman praktik dan karya seni rupa — baik dari segi medium, teknik, kategori, dan hierarki — menjadi semacam one stop learning dan shopping. Harapannya para pengunjung dapat melihat, mengenali, mempelajari, dan memahami kompleksitas paradigma mutakhir seni rupa.

Istilah seni rupa sendiri memiliki pengertian dan lingkup yangluas. Ada kalanya istilah seni rupa digunakan dan dimaknai secara sempit, dandi saat lain kerap digunakan dalam pengertian yang luas. Istilah seni rupa kontemporer, misalnya, akan merujuk pada pengertian seni rupa yang sempit,yaitu sebatas pada karya-karya personal para perupa kontemporer.

Namun istilah seni rupa juga kerap mengacu pada objek, produk,dan karya, baik fungsional maupun nonfungsional yang mengandung kualitas artistik.

Sebagai istilah, payung seni rupa sering dicabangkan menjadi tiga (dapat dilihat dari pembagian disiplin seni rupa di perguruan tinggi senirupa di Indonesia). Pertama, seni rupa sebagai ekspresi bebas (padanan istilah fine art, secara formal disebut “seni murni” atau “seni rupa murni” pada perguruan tinggi seni rupa di Indonesia). Kedua,seni rupa terapan (padanan istilah applied art) yang saat ini lebih dikenal dengan istilah desain, yakni berupa barang-barang fungsional, umumnya buatan industri. Ketiga, kriya(padanan istilah craft), umumnya berupa kerajinan atau barang-barang dekoratif yang pembuatannya mengandalkan ketrampilan manual. Harus diakui bahwa trikotomi senirupa tersebut merupakan warisan masa lampau, tapi sampai saat ini masih menjadi paradigma yang cukup ketat dipegang, bahkan menjadi dasar penjurusan diperguruan tinggi seni rupa. Namun realita praktik seni rupa saat ini menunjukkan bahwa batasan tersebut sudah dilampaui. Banyak tumpang tindih di antara cabang-cabang seni rupa tersebut dalam bentuk hibrid (art-craft, design-art, craft-design). Demikian pula kerap terjadi lintas bantas para pelaku diantara ketiga cabang seni rupa tersebut.

Realita keluasan dan keragaman dunia seni rupa menjadi dasar kegiatan Art_Unltd, yaitu seni rupa tanpa batas, sekaligus seni rupa untuk semua kalangan. Bahwa wilayah seni rupa ekspresi akan menjadi lingkup dominan dalam kegiatan ini dapat dilihat sebagai konsekuensi dari penggunaan istilah seni rupa dalam masyarakat. Umumnya istilah seni rupa, seperti “pameran seni rupa” akan merujuk pada karya-karya seni ekspresi personal.

Tajuk Art_Unltd: XYZ merujuk pada keluasan dan poros seni rupa. Jika pohon seni rupa bercabang pada fine art, design, dan craft, maka sumbu X, Y, dan Z, masing – masing dapat diibaratkan sebagai sumbu fine art, design, dan craft. Aspek tumpang tindih akan merujuk pada koordinat di antara sumbu-sumbu tersebut. Istilah XYZ juga dapat dilihat sebagai penanda generasi, yaitu para pelaku dalam dunia seni rupa yang saat ini didominasi oleh generasi Y dan Z sebagai para perupa emerging dan new comer. Sementara generasi X merupakan para perupa yang lebih mapan.

Event utama dalam kegiatan Art_Unltd: XYZ 2018 adalah pameran seni rupa yang akan menampilkan para perupalintas generasi, dengan beragam medium dan teknik. Wilayah seni rupa yang akan ditampilkan juga lintas media: lukisan, patung, seni grafis, fotografi, karya instalasi, dan media baru, selain juga karya-karya seni rupa kontemporer berbasis teknik kriya (craft base contemporary art) seperti keramik, logam, kayu, serat, gelas, dan kertas. Selain karya-karya arus utama seni rupa kontemporer juga akan ditampilkan karya-karya low-brow.

Untuk lingkup desain akan ditampilkan karya-karya desain yang terindividuasi, didasari kekriyaan (craft base design) diproduksi terbatas (limited edition) atau bahkan satuan (one of a kind)—seperti karya seni.

Keberadaan galeri sangat penting untuk mediasi seni rupa kontemporer. Apa yang disebut sebagai art fair umumnya adalah gallery-fair, yaitu event yang mengumpulkan banyak galeri dalam booth-booth terpisah. Art_Unltd: XYZ juga akan mengundang beberapa galeri untuk turut berpatisipasi. Galeri-galeri tersebut dapat menampilkan seniman di bawah manajemennya atau seniman pilihannya. Wilayah kriya studio dan kriya sentra kerajinan akan ditampilkan di tenda-tenda, yangjuga akan dilengkapi demo-demo seperti gambar, batik tulis, glass blowing, glass slumping, pembuatan keramik (throwing, handpainted ceramic), pembakaran raku, print making, dan cetak patung logam. Hal ini diharapkan dapat menambahkan pengetahuan dan apresiasi masyarakat mengenai teknik dan keterampilan dalam seni rupa.

 

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *