Pameran “Projek Seni” Seniman Singkawang Menyasar Isu Sosial Singkawang Expo 2019

Sejumlah seniman muda perorangan dan kelompok menggelar pameran bertajuk “Projek Seni” dalam rangkaian acara Singkawang Expo 2019, 21-25 Agustus 2019, di Pintu Utama Stadion Kridasana, Singkawang. Pameran yang menampilkan ragam metode kerja kreatif ini menyasar isu sosial di Singkawang.

Karya-karya yang dipamerkan berupa presentasi konsep, video, foto, infografis, lukisan kopi, cetak saring, desain logo, seni instalasi, ecoprint dan juga inovasi kriya. Keseluruhan karya dapat dibaca sebagai upaya seniman menyelesaikan temuan-temuan masalah di Singkawang dalam skala kecil.

Dalam pameran ini pula publik dapat menyaksikan rekaman video, foto, infografis, serta ecoprint di atas tas dan baju karya komunitas eks penderita kusta. Keterlibatan mereka tak bisa dilepaskan dari 4 Seniman Mengajar yang berproses bersama dengan sejumlah komunitas di Singkawang.

Keterlibatan komunitas eks penderita kusta Pakunam menunjukkan bahwa komunitas terpinggirkan ini eksis sejak 1992. Kehadiran mereka mengingatkan betapa stigma negatif terhadap mereka masih melekat kuat dalam masyarakat.

Penempatan karya pun menjadi unik lantaran menggunakan ruang alternatif, yaitu pintu masuk utama Stadion Kridasana, Singkawang, yang kerapkali diabaikan. Dalam sejumlah acara, biasanya ruang ini tampak berantakan dan kotor. Sampai kemunculan karya seni di ruang terabaikan ini menciptakan suasana yang berbeda.

Kini ruang penghubung menuju lokasi utama Singkawang Expo 2019 menjadi tampak lebih nyaman dengan pameran karya seni.

Pameran “Projek Seni” ini bukanlah presentasi akhir dari proses seniman, melainkan upaya menjaring keterlibatan kelompok-kelompok lain yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu sosial. Pameran ini menghamparkan sekelumit dialetika sosial yang dinamis di Singkawang.

Di ruang yang tak dianggap penting ini, yaitu sebuah ruang penghubung yang sering diabaikan,
“Projek Seni” dengan demikian tidak lagi berakhir pada capaian estetika saja tapi juga pada perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat.

SENIMAN :
Achmad Zidane (SKW)
Andrew James Roger (BDG)
Arya Duta (Bali)
Bengkel Tangkas (SKW)
Chantal Novyanti (SKW)
Fadli Hasan (SKW)
Mahardika Yudha (JKT)
Niza Wiratama (SKW)
Nursalim Yadi (PTK)
Romel Deni Andy Satria (SKW)
Ridho Anugerah (SKW)
Komunitas HIP HOP SINGKAWANG
Komunitas Pakunam – Eks Kusta
Tukar Getar
Kelompok Turun Tanah

Kurator : Frino Bariarcianur

LOKASI :
Pintu Masuk Utama, Stadion Kridasana, Singkawang
Singkawang Expo 2019

WAKTU :
21-25 Agustus 2019

About artspace indonesia

artspace.id adalah kumpulan informasi mengenai dunia seni kontemporer di Indonesia. silakan kirim informasi seni Anda kepada kami : redaksiartspace@gmail.com admin : FRINO BARIARCIANUR | ARGUS

View all posts by artspace indonesia →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *